Thursday, September 28, 2023

Penulis Generalist Atau Specialist?



Kita perlu dikelilingi oleh orang-orang yang tepat!

Itu yang saya pikirkan saat ini. Hari kemarin saya banyak berduskusi atau lebih tepatnya bertanya pada mereka yang saya anggap kompeten di bidangnya. Lebih dari kompeten, saya mengagumi pribadi mereka yang baik sebagai manusia. Salah satu yang saya tanyakan adalah tentang pemilihan genre tulisan khususnya novel.

Ternyata, tidak semua penulis bisa 'melipat' segala jenis genre. Ada tipe-tipe penulis yang bisa menjadi specialist dan ada yang bisa menjadi generalist.

Specialist artinya adalah penulis yang mengkhususkan diri untuk bergelut dalam satu genre saja. Umumnya mereka yang seperti ini adalah mereka yang bekerja dengan passion.

Generalist adalah penulis yang 'centil'. Mereka menulis sesuai dengan pasar atau rasa penasaran untuk mencoba hal-hal baru.

Di masa ini, dunia novel sudah menjadi sebuah industri. Bukan hanya tentang seni, tapi juga tentang uang. Tanpa disadari beberapa penulis, kemudian ini sangat menentukan motivasi untuk tetap berjalan. Lalu tingkat kepuasan pekerjaan diukur dengan uang yang dihasilkan dari sebuah karya.

Sekali pun tulisan itu amburadul, tanpa tanda baca, tapi, jika itu mencuan, maka dianggap berhasil. Sebagus apa pun tulisan dan ide di dalamnya, ketika itu sepi pembaca maka dianggap gagal.

Terdengar kejam ya, tapi begitulah realita. Kadang memang perih seperti luka bertabur garam.

Layaknya sebuah industri, tidak semua yang disekitar adalah dukungan, sebagian juga merupakan persaingan. Penulis bukan hanya memiliki fans dan follower, tapi juga haters.

Jadi, kamu tipe generalist atau specialist? Itu pilihan, kepribadian dan tujuan akhirnya akan menentukan jalan 'ninja' mana yang ingin dilewati.


Salam sayang dari author yang hobby update status tengah malam.
Ans

No comments:

Post a Comment

Fatherless dan Pengaruhnya Dalam Tumbuh Kembang Anak

  Artikel ini terbit di  Singlemomsindonesia.org Link:  https://singlemomsindonesia.org/fatherless-dan-pengaruhnya-dalam-tumbuh-kembang-anak/