Friday, September 29, 2023

Single Mom By Choice

 


Memiliki anak tanpa pernah menikah, terdengar belum lazim di Indonesia dan Asia mungkin. Sebutan bagi wanita dengan pilihan ini adalah single mom by choice.

Baik anak itu didapatkan dari proses adopsi atau dari sebuah hubungan tanpa pernikahan.

Ini adalah sebuah view baru dan butuh mata hati yang terbuka lebar untuk melihat kenyataan yang besar. Saya berada di sekitar wanita-wanita hebat ini.

Married by accident, pasti sudah sering terdengar. Kata lainnya apa, ya. Menikah dengan terpaksa karena sudah hamil terlebih dahulu. Apa tujuan pernikahan seperti ini?

Satu-satunya yang paling masuk akal adalah melindungi nama baik keluarga agar Si Bayi jelas siapa ayahnya. Meski pun berdasarkan agama yang saya anut, anak tersebut tetap tidak bisa dinasabkan pada ayahnya.

Waktu telah mempertemukan saya dengan wanita-wanita hebat. Mereka yang berani mengambil tanggung jawab atas kehamilan di luar pernikahan tanpa menjadikan pernikahan sebagai solusi.

Mereka menyadari bahwa kehamilan itu adalah sebuah kesalahan. Namun anak itu datang sebagai karunia. Mereka toh tidak ingin melakukan kesalahan berikutnya dengan memaksa seorang pria menikah hanya karena keharusan bertanggung jawab.

Seumur hidup terlalu lama untuk terikat dalam pernikahan karena keterpaksaan. Dan mereka tidak melakukan kesalahan lain dengan melakukan tindakan yang berbahaya.

Wanita-wanita pemberani ini mempersembahkan wajahnya pada dunia untuk menjadi ibu meski tanpa suami. Anak-anak itu tetap terlahir dan dibesarkan dengan penuh cinta oleh ibu mereka.

Saya bahkan melihat mereka jauh lebih berhasil dalam parenting dibandingkan keluarga empat sehat lima sempurna. Bahkan ada yang berdiri tegak walau tanpa support sistem di sekelilingnya. It's amazed me!

Setiap manusia pernah berbuat kesalahan. Terutama di jaman ini, di mana kebebasan menjadi sesuatu yang diagungkan banyak orang. Salah satu alasan kenapa manusia dibekali dengan hati dan pikiran adalah agar bisa mengerti, dari setiap apa yang dipercayai ada konsekuensi.

Jika tindakan melakukan hubungan di luar pernikahan dilakukan karena kesalahan, adalah bijak untuk kemudian menjadikan kesalahan itu titik balik menuju tujuan baru.

Semua pilihan memiliki pergulatannya sendiri, dan setiap orang punya cara untuk mengalahkan pertempuran dalam hidup mereka.

 

Salam Sayang

Ans

Tulisan ini akan menjadi setting tokoh dalam novel terbaru saya. Release soon...

Gambar ilustrasi dibuat dengan AI

#ansauthor

 

No comments:

Post a Comment

Fatherless dan Pengaruhnya Dalam Tumbuh Kembang Anak

  Artikel ini terbit di  Singlemomsindonesia.org Link:  https://singlemomsindonesia.org/fatherless-dan-pengaruhnya-dalam-tumbuh-kembang-anak/